Program Bea Siswa STMK Trisakti Tahun Akademik 2019 / 2020

Bea siswa Prestasi Akademis

Penerima bea siswa termasuk dalam kategori rangking 1 – 10 pada raport semester V, dibuktikan dengan adanya surat keterangan dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

Kategori bea siswa dengan kriteria sebagai berikut :

  • Rangking 1 :  Bea siswa 100%
  • Rangking 2 – 3 :  Bea siswa 75 %
  • Rangking 4 – 5 :  Bea siswa 50%
  • Rangking 6 – 10 :  Bea siswa 25%

 

Bea siswa Prestasi Non-Akademis

Penerima bea siswa merupakan siswa berprestasi, memiliki prestasi di bidang non-akademis (olahraga, kesenian, dan lain-lain) dibuktikan dengan piagam / sertifikat, medali, maupun tanda penghargaan atau bukti lainnya.

Kategori bea siswa dengan kriteria sebagai berikut :

  • Kejuaraan Nasional
  • Kejuaraan se-Tingkat Nasional
  • Kejuaraan se-Tingkat Propinsi

Nilai bea siswa yang diberikan mulai 25% – 100% dari BPP (melalui proses wawancara).

 

Bea siswa Tunas Bangsa

Siswa yang berasal dari wilayah kabupaten/kota yang terluar dan terdepan secara geografis kepulauan Indonesia. Siswa yang berasal dari daerah dengan pencapaian pembangunan yang rendah dan sumber daya manusia dibawah rata-rata indeks nasional.

Kategori bea siswa 100%, 75%, 50%, dan 25% (melalui proses wawancara).

 

Bea siswa Bidikmisi

Penerima Bidikmisi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya: memilki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengab kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp. 4.000.000 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp.750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Fasilitas Bagi Penerima Bidikmisi :

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk untuk SNMPTN dan SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.
  2. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftaran Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  3. Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi.
  4. Subsidi biaya hidup sebesar Rp.650.000,00 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan.

Pendaftaran Bidikmisi :

Tata cara pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN, dilakukan secara online melalui laman LTMPT / Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (https://ltmpt.ac.id/) atau laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

Tahapan pendaftaran beasiswa Bidikmisi :

Bagi Siswa :

  1. Penerima KIP dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman LTMPT atau Bidikmisi.
  2. Bukan penerima KIP mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan

 Bagi Sekolah :

  1. Sudah memiliki Kode Akses Sekolah langsung merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN
  2. Belum memiliki Kode Akses Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan). Ditjen Belmawa Kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah (1 x 24 jam pada hari dan jam kerja)
  3. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah       direkomendasikan.
  4. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran.
  5. Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.
toga